728x90

ad

Alat PCR di Lotim Sudah Datang

WAWANCARA: Direktur RSUD R Soedjono Selong, dr Tantowi Jauhari saat diwawancara awak media.
SELONG--Mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang digunakan untuk tes swab pasien terpapar virus corona sudah tiba di Lombok Timur. Kedatangan alat ini pada Rabu malam (10/6).

"Alatnya sudah datang tadi malam," kata Direktur RSUD R Soedjono Selong Lombok Timur, dr Tantowi Jauhari, Kamis (11/6).

Alat yang tiba, sebutnya masih dalam proses uji fungsi. Alat tersebut masih diperbaiki segala kelengkapannya, termasuk proses instalasinya.

Mesin OCR yang tiba sebanyak dua unit. Kedua mesin tersebut diharapkan sudah bisa berfungsi normal Minggu depan.


PCR datang semalam. Masih proses uji fungsi dan kelengkapan lainnya. Saat ini masih dalam proses perbaikan instalasi dst. Ada dua unit yang didatangkan. Minggu depan semoga bisa berfungsi.

Kabar baik ini datangnya alat cartdrige PCR ini mampu membaca hasil laboratorium khususnya virus corona. Mesin-mesin tersebut akan difungsikan selain di RSUD R Soedjono, tapi juga di RS Lombok Timur di Labuhan Haji.

Dengan hadirnya alat ini, pihaknya tidak perlu lagi antre di RSUP NTB. Ini karena proses kerja alat ini memakan waktu. Terlebih semua tes swab dari kabupaten kota dipusatkan di rumah sakit rujukan tersebut.

Dalam mengoprasikan alat ini, pihaknya sudah mempunyai dua dokter spesialis. Dua dokter inilah yang nantinya akan mengoperasikan alat tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, dr Hasbi Santoso mengamini adanya dua dokter yang akan mengoperasikan alat tersebut. Pasien yang diswab nantinya tinggal ditunggu hasilnya.

"Kalau alat itu sudah ada, tidak capek kita menunggu hasil swab dari provinsi lagi. Kita hanya memberikan laporan hasil swab saja dan laporkan ke Tim Satgas Covid-19 NTB," tehasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar