Jejak Terkini

Di Gili Kondo Tuhan Titipkan Surga Tersembunyi

SURGA KECIL: Nikmati liburan Anda di surga kecil bernama Gili Kondo di Lombok Timur.
SELONG--Membenamkan telapak kaki sejenak pada butiran pasir putih Gili Kondo bisa menjadi penghilang penat. Pasir putih berukuran merica di pulau ini kerap dijadikan terapi berbagai penyakit.

Saban sore hari setelah pasir pulau ini mendapat paparan sinar matahari akan terasa cukup hangat. Kehangatan pasir inilah yang dipercaya bisa menjadi terapi berbagai penyakit.

Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil yang berada di Kecamatan Sambalia Lombok Timur. Gili ini merupakan satu dari deretan gili-gili lain seperti Gili Kapal, Gili Bidara dan Gili Lampu.

Untuk bisa sampai ke pulau kecil ini, pengunjung terlebih dahulu harus menyeberang lewat perairan pantai Padak Guar. Dari sinilah pengunjung kemudian mengambil rute penyeberangan sekitar 15-20 menit menggunakan perahu motor.


Gili yang memiliki luas sekitar 1 hektare dinamakan Kondo lantaran di pulau ini dulunya banyak dihuni burung (Kondo). Burung-burung tersebut menjadikan pulau ini sebagai tempat bersarang dan bertelur.

Nyaris setiap pengunjung yang pernah menjejakkan kaki di tempat ini akan selalu ingin kembali. Betapa tidak, magis pulau ini terutama pada panorama yang disajikannya.

Pulau ini tak saja indah karena pasir putihnya, tapi juga bibir pantai yang lebar dan datar menjadi bagian keindahan lainnya. Belum lagi ketika cuaca sedang cerah, pemandangan di sudut barat pantai ini akan menghamparkan betapa perkasa Gunung Rinjani.

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini dengan jelas dapat dilihat setiap lekukan bagian timurnya. Bahkan, celah lereng serta pohon-pohon yang tumbuh di punggung gunung bisa dilihat sangat jelas.


Daya tarik lain dari pulau ini yakni snorkling. Di bawah perairan pulau ini dipastikan menyajikan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Terumbu karang dan ikan-ikan yang ada masih terlihat variatif. Pesona perawan pulau ini sangat terasa.

Tentang keindahan Gili Kondo bukan isapan jempol belaka. Salah seorang penulis perjalanan, Triniti, menyebut pulau ini memiliki daya magis luar biasa.

Penulis buku Naked Traveller itu bahkan sampai membandingkan antara Gili Kondo dan Gili Trawangan yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Ia menyebut gili yang sudah lebih dulu populer itu tidak ada apa-apanya dibanding Gili Kondo.

Perjalanan ke Gili Kondo akan semakin fantastis jika menyempatkan diri menyeberang ke Gili Bidara dan Gili Kapal. Pada salah satu gili tersebut menyajikan hutan mangrove yang luar biasa pula.

Oleh Triniti menulis, varietas mangrove di pulau itu merupakan yang terbanyak ketiga di dunia. Tentu menjelajahi Gili Kondo dan Dili yang ada di sekitarnya menjadi perjalanan luar biasa.


Magis lain yang ditampilkan pulau ini terutama karena angka kunjungan yang masih relatif sedikit. Praktis, suasana di dalam pulau lebih khidmat dan hening. Suasana seperti ini sangat direkomendasikan terutama bagi pasangan yang hendak berbulan madu.

Yah, inilah Gili Kondo, surga kecil tersembunyi yang Tuhan titipkan di Lombok Timur. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar