Iklan

terkini

PJ Bupati Ajak Masyarakan Membumikan Nilai Pancasila

Jejak Lombok
Sunday, June 2, 2024, Sunday, June 02, 2024 WIB Last Updated 2024-06-02T08:24:13Z


Selong-- Bersama ASN, TNI dan Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menggelar apel peringatan Hari Lahir Pancasila. Acara yang digelar di halaman kantor Bupati, Sabtu (01/06).


Mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Apel tersebut dipimpin PJ Bupati Lombok Timur, H. M. Juaini Taofik. 


Dia menyampaikan, amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi, Tema Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. 


Di dalam Pancasila, jelasnya, terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.


Selanjutnya, mantan Sekda Lotim itu mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


Lebih Lanjut ia menjelaskan, Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. 


Pada peringatan tahun inipemerintah juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk harus mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. 


Dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. 


Mengakhiri amanat, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kerja sama dan kolaborasi dalam menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.(jl) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PJ Bupati Ajak Masyarakan Membumikan Nilai Pancasila

Terkini

Iklan