Iklan

terkini

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Tinjau Lokasi Rumput Laut di Ekas

Jejak Lombok
Thursday, February 29, 2024, Thursday, February 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-23T00:54:47Z



Selong --Pj Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik sambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur pada Kamis (29/02).


Kedatangan Menko Marves tersebut untuk meninjau secara langsung proyek hilirisasi rumput laut yang menjadi prioritas dalam strategi penguatan sektor maritim. 


Dalam kunjungannya, Menko Marves didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ir. Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Kedubes India untuk Indonesia, dan Kedubes Uni Emirat Arab untuk Indonesia. Mereka berfokus pada langkah-langkah konkrit untuk mengembangkan industri rumput laut menjadi produk bernilai tambah yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. 


Rumput laut dipilih sebagai salah satu komoditas yang strategis karena potensinya yang besar dalam meningkatkan perekonomian lokal dan nasional serta memberikan manfaat ekologis bagi lingkungan laut. 


Dalam Sambutannya, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pigaknya bakal mengawal industri hilirisasi yang dijalankan oleh PT Sea six Energy tersebut. 


Ia menegaskan dirinya akan mengawal hilirisasi rumput laut secara rutin dengan menerjunkan tim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang nantinya setiap satu bulan sekali harus melaporkan progres pabrik tersebut.


"Dengan berbagai inovasi teknologi dan manajemen, diharapkan bahwa rumput laut dapat menjadi salah satu andalan dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas ekspor lainnya," ungkapnya.


Ia berharap dengan adanya proyek ini dapat menciptakan lapangan kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Ekas.


Selanjutnya kegiatan tersebut diakhir dengan foto bersama dan penandatanganan prasasti oleh Menko Marves yang disaksikan oleh Kedubes India, Kedubes Uni Emirat Arab, Pj Guberner NTB, Pj. Bupati dan Presiden Sea Six Energy.(jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Tinjau Lokasi Rumput Laut di Ekas

Terkini

Iklan