Iklan

terkini

Momentum Harkitnas, Sekda Lotim Bacakan Amanat PLT Mentri Kominfo

Jejak Lombok
Tuesday, May 23, 2023, Tuesday, May 23, 2023 WIB Last Updated 2023-05-23T04:37:40Z



Selong – Meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 mei 1908 merupakan pendorong dalam mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur. 


Didirikan oleh Dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), Boedi Oetomo mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu.


Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taofik saat membaca amanat PLT. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia M Mahfud MD pada Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur, pada Senin pagi (22/05).


Peringatan yang mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit“ tersebut turut dihadiri jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Lombok Timur, Ketua TP PKK Lombok Timur, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lombok Timur.


Sekda dalam sambutannya menyampaikan, barisan persatuan yang dibentuk Boedi Oetomo adalah pemantik bagi kekuatan Indonesia menghadapi berbagai tantangan di masa sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.


Selain itu, Pada 5 Mei 2023 Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. Hal tersebut patut disyukuri mengingat dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19.


Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.


Hari Kebangkitan Nasional tersebut juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas, dan seluruh elemen bangsa yang saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik.


Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy). Capaian-capaian ini diharapkan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia.


Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum Internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 Negara/Entitas Regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkit di tingkat Dunia dengan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”.


Tingginya kepercayaan Dunia kepada Indonesia menjadi momentum mengimplementasikan semangat Kebangkitan Nasional menyambut era pascapandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.


Dengan semangat mengajak seluruh komponen bangsa terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan Nasional sembari merapatkan barisan perjuangan  dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Harapannya agar bara api semangat kebangkitan yang di jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang serta penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.


 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Momentum Harkitnas, Sekda Lotim Bacakan Amanat PLT Mentri Kominfo

Terkini

Iklan