Iklan

terkini

Tinjau Bendungan Padelan-Banjargetas, Bupati Printah Tambah Fasilitas

Jejak Lombok
Wednesday, January 18, 2023, Wednesday, January 18, 2023 WIB Last Updated 2023-01-18T03:21:13Z

ISTIMEWA


Pringgabaya--Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy tinjau kondisi bendungan Padelan-Banjargetas, Desa Bagikpapan, Kecamatan Pringgabaya pada Selasa (17/1).  


Kunjungan itu dilakulan karena belum optimalnya bendungan tersebut beroperasi. Disisi lain adanya kekhawatiran petani setempat tidak mendapatkan air untuk irigasi lahannya.


Sementara, untuk mendukung berpungsinya bendungan tersebut, Bupati Sukiman memerintahkan untuk menambah fasilitas beeupa tanggul dan pompa air.


“pertama membuat tanggul permanen untuk membatasi genanganan kolam agar tidak melebar jauh ke belakang. Kedua mengadakan mesin pompa air untuk mengalirkan ke subak yang lebih tinggi,”ucapnya.


Baca Juga: Telan Korban, Wisata Kolam Odang Ditutup Sementara


Terhadap intruksi Bupati, Kepala Dinas PUPR, Ahmad Dewanto Hadi menerangkan, masyarakat belum memberi izin menutup salah satu supplier yang sedianya menjamin muka air mencukupi sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan bendungan. 


Padahal ketika muka air mencukupi akan dialirkan ke daerah irigasi melalui jaringan yang telah tersedia. 


Dia menjelaskan, langkah ini merupakan transisi dari jaringan irigasi lama, kemudian memanfaatkan bendung untuk mengairi wilayah yang sama.  


Upaya ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan uji pungsi terhadap fisik bendungan.


Dia menambahkan, wilayah sekitar belum mendapatkan curah hujan yang cukup untuk memenuhi bendungan. Dimana sumber air bendungan ini berasal dari mata air, rembesan sejumlah sungai dan air hujan. 


Bendung Padelan-Banjargetas yang dibangun 2021 ini mengairi lahan seluas 109 hektar dengan luas genangan 2,74 hektar. 


Project tersebut telah menghabiskan anggaran tak kurang dari Rp.21 miliar melalui pembangunan infrastruktur tahun jamak.


"Bendungan ini memiliki volume tampungan efektif lebih dari 143 ribu m³ untuk mengairi daerah irigasi (DI) Padelan dan (DI) Banjargetas," Pungkasnya.(jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tinjau Bendungan Padelan-Banjargetas, Bupati Printah Tambah Fasilitas

Terkini

Iklan