Iklan

terkini

Peluang Sukses Marketplace B2B Indonesia

Jejak Lombok
Saturday, January 21, 2023, Saturday, January 21, 2023 WIB Last Updated 2023-01-26T04:44:51Z


Kemajuan teknologi digital berbasis internet, membawa dampak signifikan di berbagai sektor perekonomian. Model perusahaan B2B atau business to business yang memanfaatkan digital seperti perusahaan marketplace, mendapat peluang sukses besar dengan menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan dalam jumlah besar. 


Pasalnya, telah terjadi perubahan kebiasaan belanja dari sistem konvensional atau pembelanjaan secara langsung menjadi belanja digital melalui platform belanja online. Melihat perubahan tersebut, banyak perusahaan marketplace yang semula berorientasi business to customer, kini meluaskan usaha ke jalur business to business. 


Peluang Perusahaan Marketplace B2B 

Marketplace mengusung kemudahan pelayanan pengadaan barang, mulai dari ragam jenis, penawaran harga berikut promo menarik, hingga proses pengiriman sampai di tujuan. Hal inilah yang mendorong minat konsumen semakin meningkat, terutama ketika pandemi melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. 


Masih banyak celah dalam pasar yang kurang diberdayakan oleh pelaku usaha UMKM dalam memenuhi kebutuhan pasar. Misalnya saja ketersediaan barang dalam jumlah besar, transparansi harga dan transaksi, efisiensi logistik, hingga pemantauan pengiriman barang secara sistematis. Melihat celah ini, marketplace selaku perantara, tempat bertemunya produsen, distributor dan supplier dengan konsumen, menangkap peluang sebagai solusi aktif yang mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan model usaha business to business. Menyediakan kebutuhan konsumen dari perusahaan lain dalam jumlah besar.

Lantas, apa saja yang menjadikan marketplace memiliki peluang besar sebagai perusahaan model B2B? Simak penjelasannya berikut ini. 


1. Banyaknya Perusahaan di Indonesia 

Sama dengan konsumen individu, banyak pula perusahaan di Indonesia yang bisa menjadi pasar marketplace B2B. Jumlah perusahaan Indonesia hampir 30 juta dalam berbagai bidang kerja, namun belum sebanding dengan ketersediaan perusahaan yang mengambil model business to business, apalagi berjenis marketplace B2B. Pasar besar tersebut merupakan peluang sukses yang dapat Anda manfaatkan di jalur marketplace B2B.


2. Kebutuhan Pengadaan Barang-barang Operasional Kantor 

Sejumlah besar perusahaan yang ada di Indonesia tentu membutuhkan berbagai jenis produk yang digunakan sehari-hari. Sebut saja alat-alat elektronik seperti komputer, laptop, printer, scanner, mesin fotocopy, penghancur kertas, dan sebagainya. 


Tak kalah penting, kebutuhan alat tulis kantor dan alat rumah tangga untuk kebersihan kantor. Jumlah yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Untuk itulah dibutuhkan pemasok yang mampu menyediakan kebutuhan tersebut. Produk yang tersedia lengkap di marketplace B2B bisa menjadi pilihan memenuhi kebutuhan perusahaan dalam jumlah besar. 


3. Pertumbuhan UMKM Semakin Meningkat

Kerjasama antara UMKM dan marketplace B2B menggunakan prinsip saling menguntungkan kedua belah pihak. Pertumbuhan dan persaingan UMKM yang semakin tinggi, membutuhkan marketplace guna melancarkan proses pengadaan barang dari tangan pertama hingga sampai pada konsumen dengan harga yang lebih murah. 


Pihak marketplace juga mendapat keuntungan sebagai platform digital yang mempertemukan produsen dengan konsumen. Sehingga geliat perekonomian juga tumbuh semakin pesat.


4. Kemudahan Pelayanan

Sejak awal, marketplace hadir untuk memudahkan kehidupan belanja masyarakat. Sistem digital dengan memanfaatkan internet terbukti menghemat waktu dan tengah, serta efisiensi kerja. Tidak hanya konsumen individu, konsumen perusahaan yang memanfaatkan marketplace B2B juga mendapatkan keuntungan berupa promosi dan harga khusus pembelian dalam jumlah besar. 


Proses transaksinya aman dan transparan, serta dapat dilacak dengan mudah. Demikian pula proses pengiriman barang hingga sampai di kantor Anda. Cara kerja sistematis dan rapi seperti ini merupakan terobosan yang dilakukan marketplace untuk meminimalisir kecurangan transaksi atau kesalahan dalam pengadaan barang. 


5. Peluang melalui Harga yang Kompetitif

Marketplace B2B menyediakan penawaran harga yang kompetitif dibandingkan pembelian secara konvensional. Selain pengadaan dalam jumlah besar, umumnya ditawarkan pula harga atau promo khusus pada hari-hari tertentu. 


Hal ini tentu menarik minat konsumen dalam rangka pengoptimalan dana belanja yang tersedia. Dengan harga kompetitif yang ditawarkan, menjadikan pasar besar beralih memanfaatkan marketplace B2B untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang perusahaan. 


6. Tren yang Terus Berkembang

Inovasi teknologi dan digital tidak akan berhenti dilakukan. Sebagai contoh, jika dulu tidak ada metode pembayaran digital maka sekarang penggunaan aplikasi dompet digital dianggap suatu efisiensi kehidupan. 


Masyarakat masa kini tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar ke mana-mana. Selain tidak aman, juga lebih merepotkan. Tren lain yang berkembang seperti layanan jasa pengiriman barang. Barang lebih cepat sampai ke tujuan, sistem pelacakan pengiriman, dan bahkan metode pembayaran COD yang memudahkan bagi konsumen. 


Perangkat mobile dan media sosial semakin menjadi andalan pelaku bisnis. Kemudahan akses bukan hanya melalui aplikasi marketplace yang terunduh di smartphone saja, Anda juga dapat mengakses informasi produk dan layanan marketplace melalui media sosial atau live chat yang umumnya tersedia melalui website resmi marketplace. 


Blibli Marketplace B2B Terbaik di Indonesia 

Untuk meningkatkan pelayanan konsumen, Blibli menghadirkan Blibli for Business, layanan pengadaan barang untuk kebutuhan perusahaan. Dengan begitu, Blibli telah memposisikan diri sebagai marketplace B2B, platform digital yang mempertemukan perusahaan penyedia barang dalam jumlah besar dan perusahaan lain sebagai konsumen yang membutuhkannya.


Blibli for Business menjamin kestabilan dan ketersediaan barang melalui 12 kategori produk dengan penawaran harga menarik. Produk tersedia lengkap mulai dari barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, alat tulis kantor, komputer dan aksesorisnya, serta masih banyak lainnya. Anda bisa dengan mudah mengakses Blibli for Business untuk pengadaan kebutuhan perusahaan melalui website resmi. 


Marketplace dapat menjadi solusi kebutuhan dalam jumlah besar dengan menjadi perusahaan B2B. Melalui Blibli for Business, Blibli telah menjadi marketplace B2B terdepan dan terbaik di Indonesia. Penuhi semua kebutuhan pengadaan barang untuk perusahaan dengan cara mudah melalui akses langsung ke website resmi Blibli for Business sekarang juga. 


                     

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peluang Sukses Marketplace B2B Indonesia

Terkini

Iklan