Iklan

terkini

Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSUD Selong Edukasi Masyarakat

Jejak Lombok
Kamis, 10 Maret 2022, Kamis, Maret 10, 2022 WIB Last Updated 2022-03-10T10:31:32Z

 

Foto Bersama Usai memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit ginjal dan penyebabnya


Selong--Dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Raden Soedjono Selong berikan edukasi pada masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung Kamis (10/3). 


Pada kesempatan itu, Kepala Unit Hemodialisis RSUD dr Raden Soedjono Selong dr. Hj Wikan Tyasning Sp.PD.FINASIM mengatakan, kegiatan yang dilakukan adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan baik tentang metode cuci darah dan pada umumnya tentang penyakit ginjal. Sehingga dengan pengetahuan yang meningkat maka perawatan juga akan semakin lebih baik lagi.


"Jadi masyarakat lebih care terhadap kesehatan ginjalnya,"sebutnya.


Dia menjelaskan, dalam penyakit ini biasanya rentan usia masyarakat yang terkena adalah orang dewasa keatas sampai usia lanjut. Namun ada juga pasien yang umurnya masih belasan tahun. Oleh karenanya dalam kesempatan itu, Ia menghimbau pada masyarakat untuk selalu menjaga perilaku hidup sehat dengan terus menjaga pola hidup sehat, baik dari sisi makanan dan olahraganya.


Selain itu juga Ia menekankan masyarakat agar tetap rutin mengontrol kesehatan agar mengetahui penyakit apa yang ada didalam tubuh, supaya sedini mungkin dapat di atasi dengan baik.


Adapun mengenai penyakit gagal ginjal, penyebab utama yang kebanyakan terjadi dimasyarakat adalah penyakit yang muncul dari kencing manis dan hypertensi. 


"Nah bagi masyarakat yang sudah mempunyai penyakit kronis, perlu juga melakukan evaluasi pada kondisi ginjalnya. Karena itu adalah komplikasi dari penyakit-penyakit kronik itu tadi,"Terangnya. (hs)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSUD Selong Edukasi Masyarakat

Terkini

Iklan