Iklan

terkini

Ini Catatan Kinerja Dispar Lobar di Akhir Tahun

Jejak Lombok
Rabu, 29 Desember 2021, Rabu, Desember 29, 2021 WIB Last Updated 2021-12-29T11:52:57Z

APRESIASI: Pelaku usaha wisata berkembangsaan Jerman, Sakinah, memberikan apresiasi terhadap kinerja Dispar Lombok Barat.

GERUNG
-- Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) dalam hal kepariwisataan mendapatkan apresiasi tinggi dari para pelaku usaha pariwisata yang ada di daerah itu.

Hal itu berdasarkan voting cepat yang dilakukan para pelaku usaha pariwisata yang hadir saat Gathering Pelaku Usaha Pariwisata bersama dengan Forkopimda Lobar malam tadi di Aruna Senggigi Resort & Convention, Selasa (28/12).

Dari nilai 1-10, para pelaku usaha rata-rata memberikan angka 9 untuk kinerja Pemkab Lobar dalam hal pengembangan kepariwisataan di Lobar.

“Gathering ini kita melanjutkan tradisi, bahwa malam ini ada apresiasi diberikan, saya kira itu untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Barat secara umum, tapi secara internal di pemkab kita pun masih punya catatan-catatan,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam di tengah acara gathering. 

Menurutnya, masih banyak pekerjaan tentang kepariwisataan tidak bisa dikerjakan sendiri oleh dunia pariwisata yang perlu dukungan dan sokongan dari multi pihak.

“Dan hari ini penegasan ada, kita tidak bisa jalan sendiri, kita harus berkolaborasi dengan banyak pihak, terutama secara internal OPD-OPD terkait memberikan pelayanan kepada pemenuhan standar-standar destinasi yang baik,” tuturnya.

“Dinas Pariwisata Lobar saat ini saya rasakan yang paling dekat dengan kita, terlebih lagi banyak gebrakan event yang dilakukan,” ucap Ketut Jaya, General Manajer Holiday Resort Lombok saat diminta pendapat oleh Awanadi Aswinabawa selaku moderator acara.

Apresiasi secara khusus dialamatkan kepada Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam. Menurutnya sosok ini berani mengambil terobosan dengan event-event maupun kegiatan lain di tengah kesulitan akibat pandemi.

“Untuk itu saya kasi angka 9 plus,” sebut Ketut Jaya.

Pelaku usaha lainnya, Sakinah dan Oka juga sempat membagikan kesan awalnya kepada Dispar Lobar di bawah kepemimpinan Kadispar sekarang ini. 

Menurut mereka berdua, Dispar Lobar dalam periode kepemimpinan Kadis yang sekarang merupakan Dispar yang berbeda. Akhkam dinilai mau langsung turun tangan ke lapangan bersama-sama bekerja menyelesaikan masalah maupun mencari solusi tentang kepariwisataan yang ada di Lobar.

“Saya baru pertama kali bertemu Kadispar yang langsung turun pungut sampah di destinasi wisata,” ucap Sakinah.

Ikhtiar yang ditunjukkan Dispar Lobar disebutnya mampu meniupkan rasa kebersamaan dan optimisme. Ini penting untuk menuju ke arah yang lebih baik tentang destinasi wisata yang bersih.

Atas dasar itu, peremluan berkebangsaan Jerman inipun tidak ragu memberikan angka 9.8 untuk kinerja Pemkab Lobar dalam hal kepariwisataan.

Tidak jauh berbeda dengan Sakinah, Oka juga memberikan angka 9.5 dengan alasan yang hampir sama dengan Sakinah.

Tidak ketinggalan, Kepala Desa Senggigi, Mastur juga memberikan angka 9 untuk kinerja Pemkab Lobar sejauh ini, walupun masih memberikan sejumlah catatan.

“Kita masih punya catatan, seperti lampu jalan, sampah juga belum selesai, tapi dengan kebersamaan yang sudah terbangun, saya berharap semua catatan ini bisa diselesaikan secepatnya,” tutur Mastur. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Catatan Kinerja Dispar Lobar di Akhir Tahun

Terkini

Iklan