Iklan

terkini

Geliat Ekonomi di Mandalika Kian Terasa

Jejak Lombok
Wednesday, November 17, 2021, Wednesday, November 17, 2021 WIB Last Updated 2021-11-17T10:03:39Z

H. Zulkieflimansyah

MATARAM
-- Geliat ekonomi di kawasan wisata Mandalika dari hari ke hari kian terasa. Dampak ini terasa bahkan jauh sebelum pembangunan sikuit di kawasan itu.

"Dampak ekonomi di kawasan itu sangat terasa bagi NTB," ungkap Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah pada talkshow di salah satu televisi swasta bertajuk Memacu Ekonomi NTB di Sirkuit Mandalika. 

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai destinasi pariwisata memiliki banyak potensi. Potensi itu bukan hanya laut, pantai dan keindahan alam tapi juga potensi ekonomi lainnya.

Menyoal potensi ekonomi sirkuit Pertamina Mandalika Internasional, Zulkieflimansyah menambahkan, event internasional lain selain IATC, WSBK dan MotoGP akan tumbuh subur di NTB sepanjang tahun di sela event balapan. Indikasi geliat ekonomi bahkan telah terasa bahkan sejak rencana akan dibangunnya sirkuit yang berdampak sangat baik bagi pariwisata NTB. 

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Ketut Wolini yang juga hadir sebagai narasumber menjelaskan, geliat pariwisata dengan mulai penuhnya hotel, restoran dan kunjungan ke NTB. 

Kondisi ini akan segera menstimulus sektor lain terutama UMKM dan usaha pendukung lainnya. Saat ini, jelang rangkaian event balapan internasional, pasar domestik masih mendominasi karena terkendala pandemi. 

"Kami yakin setelah pembatasan karena pandemi mulai longgar, kunjungan wisatawan luar negeri akan segera banyak. Tapi saat inipun ketentuan CHSE dan protokol kesehatan seharusnya menjadi jaminan keselamatan diluar masalah lama karantina bagi wisman yang mungkin masih menjadi kendala berwisata," jelas Wolini. 

Sementara itu, pakar ekonomi INDEF, Ahmad Heri Firdaus meyakini, berkah KEK Mandalika dan sirkuitnya yang berpotensi ekonomi besar jelas memiliki multiplier effect bagi masyarakat NTB. 

"Pemerintah provinsi dan ITDC sebagai BUMN pengelola pasti sudah memiliki roadmap dan kebijakan terkait pengembangan ekonomi. Yang paling membutuhkan perhatian adalah penyiapan sumberdaya manusia di NTB agar mampu menangkap peluang ekonomi dari sirkuit dan KEK Mandalika ini," urainya. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Geliat Ekonomi di Mandalika Kian Terasa

Terkini

Iklan