Jejak Terkini

25 Desa Wisata Ikuti Pokdarwis Camp, Apa Agenda Besarnya?

CAMPING: Sebanyak 76 peserta Pokdarwis dari berbagai desa wisata mengikuti Pokdarwis Camp.

GERUNG
-- Sebanyak 76 peserta dari 25 desa wisata se-Lombok Barat (Lobar) berkumpul di pantai Napak Tilas Cemare Desa Lembar Selatan sejak Selasa (9/11).

Mereka berkumpul dalam kegiatan Pokdarwis Camp yang digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar yang bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi pentahelix kepariwisataan dalam hal ini kolaborasi antar desa wisata di Lobar.

"Sangat penting untuk meyatukan ide untuk memajukan kepariwisataan di Lombok Barat, demikian juga untuk membangun desa wisata yang baik sangat diperlukan sinergi dan kolaborasi antara pokdarwis se-Kabupaten Lombok Barat," ucap Agus Gunawan, Asisten I Setda Lobat saat membacakan sambutan Bupati sekaligus membuka kegiatan.

Oleh sebab itu, Bupati dalam sambutannya menyampaikan apreasiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat lagi-lagi saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat," ujarnya.

Munurutnya, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat variatif dan inovatif yang tujuannya tidak lain yaitu untuk menjadikan pariwisata Lombok Barat maju dan mampu menggaet wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Di tempat yang sama, Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam mengungkapkan jika pokdarwis camp inj tujuannya untuk menjadi tindak lanjut dan upgrading dari seluruh kegiatan-kegiatan pelatihan dan capacity building untuk para pokdarwis setahun terakhir ini.

"Pokdarwis Camp 2021 adalah yang pertama kali kita lakakukan semenjak Dispar Lobar ada, dan tujuan lainnya asalah sebagai ajang silaturrahim dan menyatukan visi-misi untuk membangun kapariwisataan di Lombok Barat," ujar Akhkam.

Semetara itu Kepala Bidang Sumbe Daya Manusia (SDM) Pariwisata Dispar Lobar, Erwin Rachman menyebutkan bahwa kegiatan Pokdarwis Camp ini bertujuan untuk memberikan modal lebih bagi para pokdarwis dalam usaha memajukan desa wisata dan pariwisata di Lombok Barat secara keseluruhan.

"Dalam dua hari ini, kita kumpulkan para pokdarwis atau perwakilannya, kami harapkan dengan kegiatan ini nantinya muncul ide-ide segar yang bisa diterapkan untuk membangkitkan kepariwisataan di daerah kita," ujar Erwin.

Kehadiran para pokdarwis dalam kegiatan ini disebutkan Erwin bukan untuk berkompetisi, melainkan untuk berbagi informasi hingga kiat-kiat mengembangkan wisata di desa masing-masing.

"Walaupun kegiatannya juga banyak berupa lomba, tapi tujuan sebenarnya adalah memberikan motivasi dan semangat berbagi ilmu diantara para peserta," lanjutnya.

Selain hadirnya Asisten I Setda Lobar, dan Kepala Desa Lembar Selatan serta Camat Lembar pada acara pembukaan, acara ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan salah satu anggota DPRD Lobar Lozawa Abdul Madjid saat sesi diskusi pada malam harinya.

Kegiatan ini juga di menjadi ajang simbolis penyerahan piagam penghargaan bagi dua desa wisata di Lobar yang masuk 300 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesi 2021.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diwarnai dengan sejumlah kegiatan seperti lomba layang-layang, lomba renang, lomba membuat ekobrick, cleanup pantai, malam keakraban, diskusi seputar pariwisata, hingga sejumlah game menarik yang sudah dirancang untuk mempererat hubungan antar pokdarwis sehingga memunculkan misi bersama dalam membangun pariwisata di Lobar. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar