Jejak Terkini

Berkah Road to Pesona Senggigi, Okupansi Hotel Melonjak

WAYANG JAWA: Beginilah suasana pentas pertunjukkan Wayang Kulit Jawa yang digelar di Aruna Senggigi.
 
GERUNG
-- Hotel-hotel di kawasan Senggigi cukup terbantu dengan terselenggaranya Road To Festival Pesona Senggigi 2021. Tingkat hunian atau okupansi hotel rata-rata naik dari hari-hari sebelumnya.

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa misalnya, okupansinya naik sekitar 80 persen dari 120 kamar yang dioperasikan.

”Alhamdulillah event ini membawa berkah buat kita, Hotel Jayakarta ada 120 kamar yang dibuka dan yang terisi sekitar 100 kamar, artinya hari ini okupansi kami sekitar 80 persen,” ungkap General Manager (GM) The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa, Cherry Abdul Hakim, Senin (4/10).

Untuk Road to Festival Pesona Senggigi 2021 ini disebar di empat hotel di kawasan Senggigi. Keempatnya yakni The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa ada pagelaran Tari Gandrung, Musik Cepung dan Musik Kolaborasi. 

Berikutnya Pagelaran Wayang Kulit Jawa di Hotel Aruna Senggigi, serta Pagelaran Wayang Sasak yang bertempat di Hotel Kila Senggigi hingga Live Music yang mengiringi pameran ekonomi kreatif dan tanaman hias yang bertempat di hotel Holiday Resort Lombok.

Menurut Cherry, konsep festival kali ini cukup berbeda dengan festival sebelum-sebelumnya. Biasanya, kata Cherry, festival yang dulu biasanya mengambil tempat di jalan raya dan sering mengganggu lalu lintas. 

Namun kali ini diselenggarakan di beberapa hotel yang ada di Senggigi serta dinilai Cherry tepat sasaran.

“Konsep inilah yang diinginkan para pelaku-pelaku wisata yang ada di kawasan Senggigi selama ini, dimana ada kesenian dan kebudayaan Lombok bisa tampil di hotel, sehingga tamu hotel tidak hanya menginap dan menikmati fasilitas hotel, tetapi bisa juga menikmati pagelaran atau atraksi yang lain,” cetusnya.

Senada dengan Cherry, GM Aruna Senggigi Resort & Convention Weni Kristanti juga mengatakan mendapat berkah dari Road to Festival Pesona Senggigi  2021 yang diinisiasi Dispar Lobar ini. Okupansinya mencapai sekitar 70 persen.

“Untuk hari ini sendiri kita kedapatan beberapa grup, untuk tingkat hunian kami sekitar  70 persen hari ini. Kegiatan-kegiatan ini menambah kepercayaan masyarakat luar bahwa Lombok Barat ini aman untuk dikunjungi dan kami pun siap untuk menyambut perhelatan internasional WSBK yang akan di laksanakan di Bulan November nanti,” seru Weni.

Aruna Senggigi Resort & Convention kebagian tempat pertunjukan wayang kulit Jawa. Dimana penikmat wayang kulit Jawa cukup banyak dan komunitas masyarakat Jawa di Lombok pun cukup banyak. Praktis membuat animo masyarakat ingin datang ke Senggigi semakin meningkat. 

“Ini juga bisa sebagai promosi kepariwisataan kita, masyarakat di luar Lombok juga sudah mulai banyak bertanya, berarti geliat atau acara seperti ini cukup menjadi spotlight untuk masyarakat luas dan ini akan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk orang datang ke Senggigi,” ucapnya.

Direktur Sales Of Marketing Kila Senggigi Beach Lombok, Aang Sadikin sangat mengapresiasi usaha Dispar Lobar dalam membangkitkan geliat kepariwisataan di Senggigi.

“Ini tentunya kita sangat mensupport, kita mendukung sepenuhnya Road to Festival Pesona Senggigi  2021 ini yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Daerah Lombok Barat, khususnya Dinas Pariwisata. Saya sangat respect karena ini adalah satu-satunya Dispar Lombok Barat yang mengadakan gebrakan event seperti ini," kata Aang.

Okupansi Kila Senggigi Beach Lombok  dihari tersebut mencapai 67 persen, sekitar 83 kamar yang terisi dari jumlah 167 kamar. Sedangkan Holiday Resort Lombok tingkat huniannya sudah fully booked. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar