Jejak Terkini

Nol Kilometer Mataram Dibangun, Konsepnya Seperti Apa?

DIBANGUN: Tugu titik nol kilometer Kota Mataram mulai dibangun.

MATARAM
-- Anda tahu dimana titik nol kilometer Mataram? Pertanyaan ini kerap kali terlontar dari warga dan wisatawan.

Rupanya titik nol kilometer ini berada di Jalan Pejanggik, tepatnya di depan Kantor Kodim 1606 Mataram. Jangan kan wisatawan, warga Kota Mataram pun tak banyak yang tahu lokasinya.

Belakangan ini titik nol kilometer diproyeksi sebagai spot destinasi baru di Kota Mataram. karena itu, sepekan terakhir ini pembangunan tugu di titik nol Kota Mataram mulai digarap.

"Target pengerjaannya semoga bisa rampung akhir bulan Agustus ini," l kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, H Nizar Denny Cahyadi, Jumat (6/8) kemarin.

Dalam pengerjaan tugu nol kilometer itu pagu anggarannya menggunakan sistem penunjukkan langsung (PL). Dimana alokasi anggaran yang digunakan sebanyak Rp 150 juta.

Konsep tugu titik nol kilometer itu nantinya dilengkapi taman serta fasilitas pendukung lainnya. Dipastikan konsep itu sarat kearifan lokal.

"Ada warna emas yang khas dengan suku Sasak dan lambang bintang sebagai simbol masyarakat Kota Mataram yang religius," bebernya.

Lahan kawasan tugu titik nol kilometer Kota Mataram dipastikan menggunakan lahan Pemprov NTB. Luasnya mencapai 48 meter.

Mengantisipasi pengunjung yang parkir di pinggir jalan, pihaknya bakal arahkan pengunjung masuk ke areal kantor milik provinsi di bagian belakang. Ini agar pengunjung bisa berswafoto atau mengabadikan titik nol kilometer Mataram. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar