Jejak Terkini

Tidak Laksanakan Kurban, Ini Alasan Baznas Lotim

Abdul Hayyi

SELONG
-- Tahun ini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur tidak melaksanakan kurban. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selalu tampil memfasilitasi masyarakat untuk berkurban. 

"Baznas tidak ada menyalurkan hewan kurban," ucap Sekertaris Baznas Lotim, Abdul Hayi, Rabu (14/7).

Dia menjelaskan, keterlambatan mendapat informasi dari Baznas pusat merupakan hal utama kendala rekrutmen penyaluran kurban dari masyarakat. Selain itu, ia menilai penyaluran hewan kurban tidak terlalu mendesak bagi Baznas. 

Hal itu, terangnya, karena masyarakat dianggap sudah memiliki kesadaran diri yang cukup tinggi terhadap kurban.

Hayi juga menyebut ada hal yang lebih krusial dari penyaluran hewan kurban yang harus dikejar. Target yang diberikan pimpinan daerah disebutnya lebih krusial dibanding hewan kurban. 

Ia menyebut, target sebesar Rp 25 miliar diberikan kepadanya. Angka tersebut bukanlah jumlah kecil dalam hal pengumpulan zakat. 

Karena itu, pihaknya memilih fokus dalam program pengumpulan zakat untuk mengejar target tersebut.

"Untuk tahun ini, karena target Baznas cukup tinggi maka kota fokus pada pengumpulan zakat,'' ucapnya.

Lebih lanjut, Hayi mengungkapkan imbauan menggalang kurban memang sudah diberikan oleh Baznas pusat. Namun begitu, alasan keterlambatan informasi dan hal krusial tersebut menjadi kendala. 

Meski demikian, Baznas Lotim telah melakukan sosialisasi pengumpulan zakat melalui sosial media Baznas Lotim. Namun, hingga saat ini belum ada masyarakat yang menyalurkan kurbannya.

Dia berharap, tahun depan Baznas Lotim dapat melakukan penggalangan hewan kurban. Hal itu dipastikan sembari menunggu kondisi normal dari pandemi. 

"Kita menunggu kondisi normal daripada kita tidak maksimal," ungkapnya. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar