Jejak Terkini

3 Gili Eksotis di Lombok Barat, Keindahannya Bak Kepingan Surga

Gili Kedis (sumber foto, internet)

GERUNG
-- Lazim bagi wisatawan mengunjungi Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air di Lombok Utara. namun keindahan tiga Gili tersebut rupanya pesaing yang tak kalah indahnya.

Ketiga Gili yang disebut-sebut sebagai pesaing itu yakni Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Kedis. Ketiga Gili ini berada di Lombok Barat.

Seperti halnya tiga Gili di Lombok Utara, ketiga Gili di Lombok Barat ini posisinya berjejer satu sama lain. Karen posisinya itulah ketiga Gili ini disebut sebagai pesaing tiga Gili di Lombok Utara.

Secara administratif, ketiga gili tersebut berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Suasana yang berbeda ditawarkan ketiga gili ini adalah pantainya yang terbilang sepi dan private. 

Dibanding tiga Gili di Lombok Utara, pengunjung ketiga gili ini terbilang masih sangat sedikit dan hanya dalam hitungan jari. Praktis, ketiga Gili ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berbulan madu atau mencari ketenangan.

Ketiga Gili di Lombok Barat ini pantainya berpasir putih nan eksotis. Ombak di ketiga Gili ini juga sangat landai dan tenang.

Kondisi itu ditambah lagi dengan keindahan biota laut di bawahnya. Tak heran jika ketiga Gili ini sangat cocok sebagai spot diving dan snorkeling.

Untuk mencapai ketiga lokasi itu, bisa melalui Dusun Batu Kijuk, Sekotong Barat. Ketiga lokasi berjarak tempuh sekitar 1 jam dari arah Kota Mataram.

Setiba di Batu, Kijuk, wisatawan bisa menumpangi perahu motor. Alat transportasi ini sudah tersedia di lokasi. Perjalanan menuju ke tiga Gili ini membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit.

1. Gili Kedis

Gili Kedis (sumber foto, internet)

Gili Kedis tercatat sebagai pulau terkecil diantara ketiga Gili tersebut. Begitu kecilnya pulau ini, dibutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit untuk mengelilinginya.

Sebenarnya, nama Gili Kedis diambil dari bahasa Sasak (suku di Lombok, Red). Kedis sendiri berarti burung mungil yang ada di Lombok.

Jika wisatawan menelusuri Gili ini dari Desa Tawun, pulau tak berpenghuni ini terlihat bagai pulau koral mungil yang ditumbuhi pepohonan lebat.

Di Gili ini akan sangat menarik ber-snorkeling. Ini karena alam bawah laut di Gili ini sangat menawan. Selain itu, Gili ini biasa disebut sebagai Romantis Island.

2. Gili Sudak

Gili Sudak (Sumber foto, Internet)

Selesai menelusuri Gili Kedis, ada baiknya singgah di Gili Sudak. Gili yang satu ini tentu luasnya lebih besar dibanding Gili Kedis.

Yang paling menarik di tempat ini yakni sensasi santap siang di pinggiran pantai. Tentu menu makanan yang disajikan pihak pengelola setempat berupa makanan berbahan hasil laut (seafood).

Rasa makanan yang enak sepertinya menambah betah pengunjung untuk berlama-lama di Gili ini.

Menu makanan laut tersebut sangat beragam. Mulai dari ikan bakar, cumi pedas, ikan goreng dan udang bakar. Menu seafood tersebut menambah menggugah dengan hadirnya sambal pelecing dan kangkung yang memang menjadi ciri khas Lombok.

3. Gili Nanggu

Gili Nanggu (sumber foto, internet)

Puas bersantap di Gili Sudak, perjalan dilanjutkan ke Gili Nanggu. Sebelum menginjakkan kaki di pulau ini, hanya beberapa meter dari bibir pantai, wisatawan dapat melihat langsung ikan warna-warni berenang di dasar laut dangkal. 

Keindahan itu ditambah pula kicau suara burung menjelang matahari bakal pulang ke peraduan senja. Pemandangan ini kontan menciptakan padanan suasana sangat romantis.

Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar