Ini Paparan KPPN Saat Temui Bupati Lotim

PAKTA INTEGRITAS: Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy bersama Kepala KPPN Selong menandatangani kesepakatan pakta integritas.

SELONG
-- Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong temui Bupati Lombok Timur. Kunjungan itu sebagai perkenalan awal bagi kedua belah pihak.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah OPD pengelola DAK fisik. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga diisi penandatanganan pakta integritas antara Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB, Kepala KPPN Selong, dan Bupati Lombok Timur.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dalam kata sambutannya mengatakan, kunjungan itu merupakan perkenalan bagi Yuspartinah, yang baru saja ditugaskan. Ia berharap agar kerja sama Pemda Lotim dengan KPPN Selong, yang selama terjalin dengan baik dapat dipertahankan.

"Bila perlu hubungan ini ditingkatkan," ucap HM Sukiman Azmy, saat menerima KPPN di ruang kerjanya, Jumat (25/6).

Orang nomor satu di Lotim ini menjelaskan, upaya Pemkab bersama pendahulu di lembaga perbendaharaan tersebut, yakni menggenjot serapan anggaran di Gumi Patuh Karya.

Bupati menyebut, berkat komunikasi dan koordinasi yang apik itu, Lotim pernah menduduki peringkat ke 3 terbaik di Indonesia, prihal serapan anggaran.

Terlebih saat ini, kata dia, belanja pemerintah menjadi harapan masyarakat untuk menggerakkan perekonomian.

Untuk itu, ia berharap kepada nahkoda baru itu agar dapat melakukan hal serupa untuk kesuksesan karir kedepan.

"Saya berharap bisa melakukan hal yang sama untuk kesuksesan karir kepala KPPN yang baru," harapnya.

Sementara itu, Kepala KPPN Selong Yuspartinah memaparkan, serapan anggaran di Lotim khususnya DAK dan Dana Desa hingga 24 Juni, yang bersumber dari 25 sub bidang. Serapan ini telah tersalur berupa DAK fisik tahap I untuk 17 bidang sebesar Rp 39.784.2433.238 atau setara 14 persen, dari pagu anggaran Rp 282.908.078.000. 

Sementara itu untuk kontrak dalam kurun waktu yang sama, terdapat 20 bidang. Dan telah melakukan perekaman data kontrak melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) senilai Rp 159.703.625.664 atau 56,47 persen.

"Batas akhir perekaman data kontrak adalah 21 Juli," ucapnya.

Dia mengingatkan, untuk Dana Desa (DD) yang telah tersalur sebesar Rp. 139.767.628.800, setara 44,40 persen dari  pagu anggaran Rp.314.800.534.000.  

"Realisasi  penyaluran BLT DD yang sudah mencapai 100 persen, kecuali untuk bulan ke 4 hingga 6," tandasnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar