Tentang Sembalun, Sandiaga Benar-benar Takjub

TAKJUB: Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur NTB H Zulkifliemansyah berpose dengan latar belakang pemandangan alam pedesaan Sembalun.

SELONG
-- Dua hari berada di NTB, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno benar-benar takjub. Ketakjuban orang nomor satu di lingkungan pariwisata di Indonesia dilontarkan saat berada di Lombok, Pada 6-7 Mei kemarin.

Sandi secara khusus dalam rekaman videonya menyatakan Sembalun merupakan karunia luar biasa yang diberikan Tuhan untuk Indonesia. Sembalun merupakan destinasi pariwisata berbasis alam ya g harus terus dikembangkan.

"Saya benar-benar takjub di sini (Sembalun) potensi wisatanya sangat luar biasa," ucapnya.

Dalam pandangan Sandi, potensi Sembalun berbasis budaya dan kearifan lokal yang luar biasa. Di lain sisi, destinasi yang belakangan dijuluki "Nepal Van Lombok" ini memiliki industri ekonomi kreatif yang cukup banyak.

Tak hanya mengangguk keindahan Sembalun, Sandi juga mengapresiasi destinasi lantaran tercatat sebagai Global Geopark.

Diketahui, tahun 2016 lalu Sembalun tercatat sebagai World Best Halal Honeymoon Destination lewat akan World Halal Tourism Award (WHTA). Sejak saat itu, sejumlah penginapan di Sembalun melaporkan adanya peningkatan kunjungan dan hunian.

Kedepan, Sandiaga memfokuskan agar pelaku wisata setempat terus menggaet wisatawan nusantara. Di destinasi ini hendaknya mengedepankan aspek kualitas dan keberlanjutan.

Ia pun berjanji, dana hibah pariwisata jilid 2 tahun 2021 ini dipastikan mendarat di Lombok Timur. 

Terhadap janji Menparekraf ini, Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taofik mengaku sangat bersyukur. Terlebih dari lima kabupaten kota di NTB pada hibah Kemenparekraf RIntahap pertama, Lombok Timur satu-satunya yang tidak mendapat jatah itu.

"Setelah beliau ke sini dan menyaksikan langsung bagaimana pariwisata kita, beliau sangat takjub. Beliau berjanji akan memberikan kita hibah," ucapnya.

Langkah Sandi memberi rencana dana hibah dianggap sangat tepat. Ini karena selama masa pandemi, Lombok Timur khususnya di Sembalun telah membuktikan diri sebagai destinasi dengan staycation tertinggi bersama Senggigi di Lombok Barat.

Berbeda dengan daerah lain yang justru staycation-nya justru sangat lesu. Tingginya staycation ini membuktikan alam Lombok Timur punya daya tarik tersendiri.

"Kita berharap hibah ini akan berdampak signifikan membantu bangkitnya pariwisata di Lombok Timur," tandasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar