Jejak Terkini

Sambut Ramadan, Tempat Wisata Harus Bersih

BERSIH-BERSIH: Dinas Pariwisata Lombok Barat melakukan aksi bersih-bersih di kawasan wisata Senggigi.

GERUNG
-- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Senin (9/4), pagi tadi kembali melaksanakan aksi bersih-bersih. Aksi ini dilakukan di kawasan wisata Pantai Senggigi.

Aksi bersih-bersih kali ini merupakan persiapan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Dispar Lombok Barat tidak sendiri. Dalam kegiatan rutin ini juga diikuti jajaran Polres Lobar dan beberapa komunitas peduli lingkungan seperti Lombok Ocean Care (LOC), Lombok care Community (LCC), Boys Beach Clean (BBC).

"Ada juga sejumlah organisasi masyarakat lainnya. Dispar juga ditemani oleh jajaran Perangkat Daerah Lobar lainnya," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saiful Ahkam.

Kebersihan daerah ini, jelasnya, bukan lagi tanggung jawab sebagian pihak. Bukan hanya Dinas Lingkungan Hidup, bukan hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata, tapi semua pihak.

Aksi ini lanjutnya, diharapkan dapat terus menjadi cara mengedukasi masyarakat. Cara ini juga untuk dapat menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di tempat wisata.

“Menjelang bulan puasa, tempat-tempat rekreasi ramai dikunjungi masyarakat. Karena itu kita siapkan mereka (para pengunjung, red) suasana yang bersih, nyaman dan aman," ucapnya.

Karena bagaimana pun, bagi merekalah tempat-tempat wisata ini ditujukan. Semua pihak di daerah ini harus bisa memberi servis tebaik kepada pengunjung.

Di tempat yang sama, Camat Batulayar Afgan Kusumanegara mengapresiasi tindakan pemerintah daerah menfokuskan gotong royong di kawasan Senggigi.

Ia juga berharap, selain sebagai edukasi terhadap masyarakat, aksi bersih-bersih ini bisa menumbuhkan rasa kebersamaan. Begitu juga dengan sinergitas antar perangkat daerah lingkup Pemkab Lobar.

“Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya buat Pemkab Lobar karena hari ini kita hadir bersih-bersih bersama semua OPD, tentu ini kegiatan yang sangat bermanfaat khususnya bagi kawasan wisata seperti Batulayar,” tutur Afgan.

Tak lupa ia mengingatkan semua pihak untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam semua aktivitas terutama aktivitas di luar rumah. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar