BI Digandeng Sediakan Chest Freezer untuk Kampung Lobster

GANDENG: Diskanlut NTB menggandeng BI dalam penyediaan chest freezer untuk penyimpanan pakan lobster.

MATARAM
- Dinas Kelautan dan Perikanan NTB terus melakukan upaya-upaya dalam rangka mendukung dan mewujudkan NTB sebagai pusat budidaya lobster. Salah satu cara yang dilakukan melalui kampung lobster yang rencananya akan segera diimplementasikan di Telong Elong, Kabupaten Lombok Timur.

Saat ini Diskanlut NTB menggandeng Bank Indonesia menyiapkan sarana dan prasarana pendukung budidaya di Kampung Lobster. Salah satunya dengan penyediaan chest freezer yang diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan bahan baku pakan lobster agar dapat bertahan lama.

Kepala Diskanlut NTB H Yusron Hadi didampingi Kabid Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Ir Sri Wijayaningsih MSi menjelaskan,  koordinasi telah dilakukan koordinasi dengan Bank Indonesia (BI), terkait bantuan chest freezer.

"Ini dilakukan untuk membantu kegiatan para kelompok pembudidaya. Chest freezer tersebut akan digunakan sebagai tempat penyimpanan Siput Darat yang merupakan bahan baku pembuatan pakan Lobster," katanya.

Menurut Sri, Bank Indonesia juga berkomitmen tetap berkontribusi membantu dan mendukung pengembangan usaha masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal tersebut akan diproses sesuai dengan prosedur berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) merupakan ruang lingkup program sejenis CSR yang sangat membantu bagi masyarakat banyak. Program ini membantu Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM), jasa, maupun petani dan nelayan,btermasuk pendidikan, lingkungan hidup dan penanganan bencana seperti pandemi Covid-19.

Pihak BI akan segera melakukan verifikasi terhadap kelompok yang diusulkan sesuai proposal yang diajukan. Jika telah sesuai dengan kriteria penerima bantuan CSR, maka akan segera diproses sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

“Semoga bantuan ini dapat terealisasikan sehingga dapat membantu aktivitas budidaya lobster masyarakat, seperti yang kita ketahui Desa Telong Elong merupakan salah satu Sentra Pembudidaya dan Pemasaran Lobster Terbesar di Provinsi NTB,” ujar Sri. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar