Jejak Terkini

Makam Pahlawan ZAM Dijadikan Wisata Religi

WISATA RELIGI: Makam pahlawan nasional, TGKH Zainuddin Abdul Madjid diproyeksi sebagai wisata religi.

SELONG
--Makam pahlawan nasional TGKH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) kini dijadikan wisata religi.

Ketua Tim Koordinasi Pengembang Wisata Religi, Irwan Rahadi mengatakan, pihaknya sudah bekerja dari tahun 2019 terkait dengan wisata religi di areal makam pahlawan ini. Di lokasi ini, pihaknya sudah sekian lama melakukan proses kajian secara keseluruhan di wisata ini.

"Ada dua tahapan yang kita siapkan. Yaitu, di area makam pahlawan dan area Kampung Bermi yang akan menyambungkan dengan kampung-kampung penyangga," ungkapnya, Kamis (28/1).

Nantinya katanya, setelah ada grand desain pihaknya akan mensosialiasikan kepada berbagai elemen. Seperti seluruh kepala sekolah di yayasan setempat, tokoh kampung dan OPD terkait.

Untuk itu, ia juga fokus pada tata kelola sterilisasi areal musalla Al-Abror yang berada di komplek makam. Pengunjung nnatinya tidak dibolehkan memasuki area makam menggunakan alas kaki. Namun, harus hanya dengan menggunakan terompa (sandal kayu).

Ia menyebut YPH PPD Pancor punya potensi wisata religi. Potensi ini tidak hanya makam, tapi juga memiliki sejarah pendidikan sejak masa lalu.

Untuk itu, lanjutnya, dalam wisata religi ini ada keuntungan yang bisa diperoleh. Yaitu mengedukasi masyarakat dan ada proses transfer pengetahuan.

Situs wisata ini diaebutnya bisa menjadi sumber referensi sejarah bagi pengunjung. Lewat proses tansfer pengetahuan, pengunjung bisa mengetahui sejarah dan perjuangan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

"Apa yg disukai Maulanasyekh dan apa saja tetang beliau nantinya akan dikenal oleh pengunjung yang berziarah," katanya.

Keuntungan dari wisata religi ini semisal dari aspek ekonominya. Lewat sisi ini setidaknya ekonomi masyarakat sekitar disebutnya bisa terbantu.

"Karena ketika pengunjung datang, ia sudah menyiapkan penginapan di rumah penduduk sekitar Bermi," jelasnya.

Sementara itu, program ini disebutnya masih tahap awal. Kedepan, akan lebih banyak program yang dirancang untuk wisata religi pendiri ormas NW itu.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mengajak semua pihak memberi kontribusi dan berkolaborasi menjadikan wisata religi ini. Kedepan makam pahlawan nasional ini harus menjadi kebanggan semua pihak.

"Membanggakan dari semua aspek baik dari aspek penataannya, kegiatannya, ekonominya dan berbagai aspek yang lainnya," katanya. (zaa)

Posting Komentar

0 Komentar