Iklan

terkini

1000 Desa Sapi, NTB Songsong Swasembada Daging

Jejak Lombok
Friday, December 11, 2020, Friday, December 11, 2020 WIB Last Updated 2020-12-11T08:34:05Z

KANDANG: Pihak kementerian ketika meninjau kesiapan sarana prasarana berupa kandang milik peternak.

PRAYA
--Guna memastikan program 1000 Desa Sapi terlaksana dengan baik, Kementerian Pertanian RI mengunjungi ke 5 desa yang ditunjuk sebagai percontohan. Kelima.desa itu berada di Kecamatan Pujut Lombok Tengah.

Perwakilan Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI, Roy Malindo mengungkapkan, kunjungannya bertujuan memastikan kesiapan desa tersebut untuk mengawal program 1000 desa sapi. Pihaknya juga ini secara langsung progres pembangunan sarana prasarananya.

"Saya lihat pembangunannya sudah mencapai angka 80 hingga 90 persen, semoga saja selesai dalam waktu dekat," ungkap Roy, Kamis (10/12).

Selain itu, NTB ditunjuk karena dinilai berperan dalam pengembangan usaha sapi potong. Dengan adanya program ini kedepan NTB diharapkan dapat berperan dan berkontribusi sebagai penyuplai daging sapi nasional.

NTB ditunjuk sebagai lokasi percontohan, jelasnya, tidak hanya karena luas lahan yang tersedia. Namun juga dari potensi sumber pakan cukup tersedia. 

Praktis, atas dasar usulan yang masuk, Pemkab Lombok tengah ditunjuk sebagai lokasi pengembangan program seribu sapi oleh Kementan," ungkapnya.

Sementara itu, di waktu yang sama Asisten II, H Ridwan Syah menjelaskan, program 1000 desa sapi ini menandakan bahwa NTB membuktikan diri sebagai daerah yang siap menuju daerah industrialisasi. Ia menilai industrialisasi harus bersifat integratif dan memiliki output nilai tambah bagi masyarakat khususnya kelompok tani ternak. 

"Dilihat dari  sisi potensi dan ketersediaan pakan hingga mampu produksi pakan secara mandiri, itu jelas bahwa NTB mampu menjadi daerah industrialisasi," ucapnya.

Untuk itu, seiring dengan peningkatan produksi dan penyediaan pakan secara berkelanjutan, lanjutnya, harus dibentuk dan dikembangkan kelembagaan atau unit usaha pakan.

Lembaga ini nantinya mendukung penyediaan pakan secara mandiri, terjangkau, bermutu dan berkelanjutan. Selain itu, dapat dikelola menjadi komoditi usaha baru bagi peternak berupa Bank Pakan. 

Lebih jauh Ridwan Syah melanjutkan, 5 desa penerima program 1000 desa sapi ini masing-masing punya lahan hijau pakan ternak (HPT). Dari sana produknya kemudian dikirim ke bank pakan di Dusun Batu Guling Desa Mertak untuk diolah dan disiapkan dalam bentuk silase baler.

Dengan mesin sederhana yang ada, produktivitasnya mampu memproduksi pakan hingga 6 ton per jam. Setelah dikalkulasi, jika dihitung 1000 ekor sapi akan menghabiskan sekitar 30 ton sehari.

Pakan yang dihasilkan juga pakan yang awet karena sudah dikemas dengan lebih standar operasional.

Tidak hanya dari penyediaan pakan, pengelolaan limbah kotoran sapi nantinya juga akan diolah menjadi sumber energi  biogas. Limbah ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di tingkat lokal. 

Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang ada energi biogas ini juga mulai digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Sedangkan produk sampingannya adalah pupuk untuk tanaman.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Hj Budi Septiani menyebutkan 5 desa yang menjadi pilot project program 1000 sapi yakni Desa Teruwai, Mertak, Sukadana, Batu Guling dan Pengengat. 

Masing masing desa mendapatkan 200 ekor sapi. Rinciannya seratus indukan dan seratus batangan dan sudah dilengkapi alat kesehatan hewan.

Ia juga menyebut bahwa kelompok ternak yang ada sudah dibekali pelatihan dengan menghadirkan pakar ternak dari Kementan. 

"Beberapa pelatihan sebelumnya sudah diberikan seperti pelatihan bagaimana pemeliharaan sapi indukan dan batalan, pemberian pakan terhadap hewan ternak, mengolah biogas secara mandiri, kebersihan kandang hingga pelatihan ternak bisnis," tutup Budi. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 1000 Desa Sapi, NTB Songsong Swasembada Daging

Terkini

Iklan