Iklan

terkini

Sayembara Karya Jurnalistik Pariwisata, Peran Pers Sangat Penting

Jejak Lombok
Saturday, October 24, 2020, Saturday, October 24, 2020 WIB Last Updated 2020-10-24T10:25:57Z

APRESIASI: Sejumlah wartawan Lombok Timur mendapat apresiasi atas karya jurnalistik di bidang pariwisata.

SELONG
--Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur menggelar gala dinner Penganugerahan Karya Jurnalistik, Jumat (23/10). Penganugerahan karya jurnalistik ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pariwisata dengan Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT).

Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi atas dukungan insan pers turut aktif mempromosikan pariwisata di Lombok Timur. Terlebih Lombok Timur menjadi penyangga dalam gelaran MotoGP yang rencananya akan diselenggarakan di bumi Sasak pada tahun 2021 mendatang.

"Sayembara jurnalistik kepariwisataan ini, kami inisiasi sebagai bentuk dukungan pengembangan wisata Lombok Timur. Dengan harapan, melalui pemberitaan dapat meningkatkan kunjungan ke Lombok Timur khususnya, dan NTB umumnya," kata Ketua FJLT, Rusliadi, Jum'at malam (23/10).

Ia pun berharap agar event sejenis dapat digelar kembali pada tahun-tahun berikutnya dan tidak terpaku pada sektor pariwisata semata. Tujuannta agar publikasi pembangunan di Lombok Timur dapat lebih massif.

"Kita berharap OPD lain juga dapat menggelar sayembara serupa, yang bekerjasama dengan FJLT. Semangatnya tentu saja mengangkat potensi Lombok Timur di segala bidang," harapnya.

Kadispar Lombok Timur, H Mugni dalam sambutannya menyoroti peran pers dalam mendongkrak perkembangan pariwisata. Karena baik buruknya pemberitaan di media masa dapat mempengaruhi tingkat kunjungan ke daerah.

Ia pun berharap kepada awak media untuk memberitakan hal-hal positif demi kemajuan pariwisata Lombok Timur. 

"Dalam pariwisata itu beritanya harus bagus. Jangan berita yang jelek. Good news is a good news," kata dia.

Sementara itu, Sekda Lombok Timur M Juaini Taofik mengapresiasi penuh sayembara karya jurnalistik yang digelar Dispar yang bekerjama dengan FJLT tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak dalam penyelenggaraan sayembara ini.

Ia meyakini dengan massifnya pemberitaan positif tentang pariwisata dapat mengangkat nama Pulau Lombok di kancah internasional.

"Saya berterima kasih atas kerjasama semua pihak atas terselenggaranya festival ini. Saya yakin semua itu bisa mengangkat bumi selaparang ke kancah internasional," ucapnya.

Menurutnya, sangat penting untuk gencar memberitakan pariwisata Lombok melalui media massa. Disadarinya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal Pulau Lombok.

"Penting kita promosikan Lombok ini karena masih ada saudara kita di nasional yang belum mengenal daerah kita," ungkapnya. (cr-sy)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sayembara Karya Jurnalistik Pariwisata, Peran Pers Sangat Penting

Terkini

Iklan