Iklan

terkini

Gubernur Optimis Dompu Jadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi Baru di Indonesia

Jejak Lombok
Tuesday, September 15, 2020, Tuesday, September 15, 2020 WIB Last Updated 2020-09-15T11:07:42Z
BERPOSE: Gubernur NTB, H. Zulkifliemansyah saat berpose bersama jajaran Forkominda NTB di PT SMS.

DOMPU--Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menggelar kunjungan kerja ke Pulau Sumbawa. Ada dua kabupaten yang di kunjungi, yakni Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Dompu.

Mengawali kegiatan kunjungan kerja di Kabupaten Dompu tepatnya di Kecamatan Pekat, Gubernur beserta rombongan didampingi Bupati Dompu, H Bambang M Yasin. Keduanya meninjau pabrik gula PT. Sukses Mantap Sejahtera.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB menyampaikan, kedepan Kabupaten Dompu akan menjadi sentra baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ia berharap agar masyarakat lokal tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

"Pabrik pengolahan tebu yang menghasilkan gula sekarang sudah ada bukan lagi cita cita. Berikutnya akan ada pabrik pengolahan jagung. Tinggal tunggu waktu saja di tempat ini," ucapnya, Selasa (15/9).

Tak hanya itu, pablain yang akan mengikuti yakni pengolahan industri ekstraktif seperti tembaga dan emas. Karena itu, bukan mustahil Kabupaten Dompu akan menjelma menjadi sentra baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia kedepan.

Kendati demikian, jelasnya, semua pabrik itu tidak ada manfaatnya jika pendidikan masyarakat lokal tidak maju. Pihaknya pun akan berbicara dengan pimpinan PT. SMS dalam waktu dekat agar ada sekolah atau kampus berdiri di daerah ini.

Tujuannya, terangnya, supaya masyarakat di Dompu tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

Ia menekankan agar pemerintah tidak mempersulit dunia usaha maupun investasi. Selain itu, masyarakat harus berkontribusi dengan kehadiran dunia usaha.

"Tugas pemerintah adalah memberikan bantuan dunia usaha, agar masyarakat juga berkontribusi. Dunia usaha akan menderita kalau tujuan semata hanya cari uang dan keuntungan," ucapnya.

Bagi Gubernur, tidak mungkin ada keberkahan jika masyarakat di sekitar pabrik kesusahan. Tujuan bisnis yakni agar bisa tumbuh utuh sebagai manusia secara bersama.

Karena itu, komponenn seperti pengusaha dan masyarakat harus bertemu.

Selanjutnya, Gubernur NTB menyerahkan bantuan kepada dua mesjid di Desa Doropeti Kabupaten Dompu. Bantuan yang diserahkan berupa bibit, pupuk organik dan peralatan inseminasi kepada masyarakat.

Acara terakhir, Gubernur NTB memfasilitasi  dialog antara PT. SMS dan masyarakat sekitar. Dialog ini bertujuan untuk mengetahui masalah dan solusi yang diharapkan oleh kedua belah pihak. (jl)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Optimis Dompu Jadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi Baru di Indonesia

Terkini

Iklan