Jejak Terkini

Tibu Sendalem, Air Terjun di Belantara Hutan Sesaot

Tibu Sendalem, Air Terjun di Belantara Hutan Sesaot
SEGAR: Air yang mengalir pada aliran Air Terjun Ribu Sendalem terasa sangat segar.
GERUNG--Menyusuri hutan belantara Sesaot, Kecamatan Narmada Lombok Barat tidak ada ruginya. Di kedalaman hutan ini menyimpan aneka keindahan yang menakjubkan.

Salah satu keindahan yang didapati pengunjung adalah Air Terjun Tibu Sendalem. Air terjun ini merupakan satu dari beberapa air terjun yang ada di dalam kawasan hutan ini.

Untuk bisa sampai di air terjun ini, pengunjung menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer. Akses masuk menuju lokasi yakni melewati pemandian Bunut Ngengkang menuju Kentong yang berada di Hutan Kawasan Masyarakat (HKM).

Sepanjang perjalanan ke lokasi, nyanyian satwa di dalam hutan seolah mengiringi setiap tapakan yang dijejali. Merdu suara burung dari berbagai jenis sahut menyahut bergantian. Belum lagi ditimpali suara monyet-monyet yang sesekali menampakan diri dan bergelantungan di pohon.

Kendati menempuh perjalanan cukup panjang, pengunjung tidak perlu khawatir akan kepanasan. Rimbunnya dedaunan di dalam hutan ini terasa cukup membantu agar tak cepat dehidrasi dan tersengat sinar matahari.
Tibu Sendalem, Air Terjun di Belantara Hutan Sesaot
Bonus seperti kicau burung dan aneka satwa lainnya, belum cukup. Sepanjang perjalanan pula, Indra penciuman pengunjung disuguhkan aroma tanah basah khas hutan. Tentu, ini ditimpali dengan pandangan hijau nan segar.

Setiba di lokasi air terjun dengan ketinggian sekitar 5-6 meter ini, lelah selama perjalanan seolah impas. Kesegaran air terjun Tibu Sendalem dan panorama yang disajikan bakal menjadi suguhan yang tak jemu dijamah mata.

"Airnya sangat segar dan alami. Lelah sepanjang jalan terbayar lunas," ucap pengunjung asal Ampenan, Kota Mataram, bernama Rudy, Minggu (28/6).

Sembari meluapkan kegembiraannya, Rudy mengaku senang bisa berkunjung ke air terjun ini. Alasannya, ia ingin merasakan segarnya suasana hutan di sekitar air terjun.

"Saya ke sini untuk mandi dan berswafoto, karena banyak teman-teman kesini untuk mengabadikan moment untuk berfoto dengan latar belakang air terjun," imbuhnya.

Tibu Sendalem, jelasnya, merupakan air terjun yang belum banyak diketahui khlayak. Tak heran jika kawasan sekitar air terjun ini bisa dibilang masih perawan.
Tibu Sendalem, Air Terjun di Belantara Hutan Sesaot
Kendati menyuguhkan pemandangan indah, pengunjung hendaknya tetap awas dan berhati-hati. Aliran air terjun ini cukup deras. Sebaiknya jangan pula berkunjung saat musim hujan. Debit air terjun ini akan berlipat-lipat banyaknya dan mengandung potensi bahaya.

Daya tarik lain dari Tibu Sendalem ini adalah adanya kolam hasil tumpahan air terjun tersebut. Kolam ya g tercipta kurang lebih berukuran 400 meter persegi. Kedalamannya sekitar 1,5 meter sampai 2 meter.

Sayangnya air terjun yang masuk di tengah kawasan KPH Rinjani Barat Sesaot ini belum dikelola pemerintah maupun pihak desa. Praktis, untuk mendapatkan sensasi keindahannya, pengunjung harus sedikit bekerja keras dan lelah. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar