Jejak Terkini

Kado Hari Jadi Lotim, Daerah Maju Peringkat 57 Indonesia

Abdul Halim Iskandar

SELONG
-- Kado hari jadi Lombok Timur di usianya yang ke 126 cukup istimewa. Daerah ini dinyatakan sebagai sebagai kabupaten maju peringkat 57 di Indonesia.

Penetapan peringkat ini disampaikan langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar. Itu disampaikan melalui siaran videonya, Selasa (31/8).

Dalam kesempatan itu, Abdul Halim turut mengucapkan selamat untuk Lombok Timur yang usianya lebih dari seabad itu. Di usianya yang cukup sepuh, daerah ini telah banyak menoreh prestasi.

Terbaru, daerah bermotto Patuh Karya ini menorehkan prestasi dalam bidang pariwisata. Beberapa desa di Lotim telah mampu berkontestasi dalam bidang tersebut.

Abdul Halim mengatakan, dalam umur yang lebih dari satu abad itu, Lotim telah menjadi daerah maju peringkat ke 57. Peringkat ini dari 434 kabupaten yang ada di Indonesia.

"Begitu juga dengan desa-desa di Lombok Timur mampu menunjukan peningkatan yang begitu pesat," ucapnya.

Berdasarkan data indeks desa membangun, paparnya, pada tahun 2020 terdapat tujuh desa mandiri. Sementara tahun 2021 naik menjadi 19 desa.

Sedangkan desa maju pada tahun lalu sebanyak 96 desa. Saat ini menunjukan peningkatan yakni berjumlah 126 desa.

Ia juga menyebut jika desa berkembang mengalami penurunan. Dari 136 saat ini hanya 45 saja. Pengurangan itu lantaran telah masuk ke kategori maju dan berkembang.

"Hal ini menunjukan peningkatan luar biasa untuk Kabupaten Lombok Timur. Dan tentu saya ucapkan selamat atas capaiannya," ucapnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar