Jejak Terkini

Nomor Kontak Disalahgunakan, Sekda Lotim Lapor ke Polisi

Muhammad Fajri

SELONG
-- Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik melaporkan terduga pelaku pemalsuan nomor kontak ponselnya kepada aparat penegak hukum. 

Laporan tersebut dilayangkan lantaran nomor kontaknya diduga digunakan pelaku melakukan penipuan. Nomor kontaknya digunakan dengan mengatasnamakan dirinya mendapatkan sesuatu. 

Laporan tersebut dilayangkan Senin (5/7) kemarin.

"Saya lapor senin pagi," ungkapnya, Selasa (6/7).

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Lotim, Muhammad Fajri membenarkan bahwa orang nomor satu di birokrasi Lotim tersebut telah melayangkan laporan.

Laporan itu diterima oleh Reskrim Polres Lotim pada, Senin (5/7) kemarin. Laporan tersebut berisi dugaan penipuan mengatasnamakan Sekda Lotim dengan menggunakan nomor telepon dalam bentuk WhatsApp. 

"Kami benarkan bahwa adanya laporan dugaan penipuan dengan mengatasnamakan Pak Sekda," ucapnya.

Selanjutnya, Fajri menjelaskan modus terduga pelaku penipuan dalam melancarkan aksinya. Modusnya yaitu dengan cara menghubungi calon korban melalui chating via WhatsApp atas nama Sekda. 

Hal itu, kata Fajri, dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan sesuatu dari calon korban.

Lebih lanjut, Fajri menjelaskan pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap nomor kontak dan akun WhatsApp yang digunakan pelaku tersebut. Karena itu, untuk sementara pihaknya belum dapat memastikan siapa terduga pelaku penipuan tersebut. 

Jika tertangkap, pelaku akan dikenakan sanksi pelanggaran undang-undang ITE. Namun begitu, karena belum tertangkap, pihaknya belum dapat menyebutkan masa hukuman pelaku.

"Kita terapkan UU ITE nantinya," ucapnya.

Fajri berharap agar masyarakat kedepan lebih bijak untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Hal itu untuk menghindari terjadinya kerugian.

Untuk informasi seperti itu, pihaknya berharap agar masyarakat agar lebih bijak melaksanakan transaksi ITE. Ini penting agar tidak terjadi kerugian terhadap yang bersangkutan. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar