Jelang Superbike, Potensi Wisata Bahari Diidentifikasi

POTENSIAL: Keindahan alam bawah laut di Lombok Timur sangat potensial menjadi paket wisata yang bisa dijual untuk wisatawan.

SELONG
-- Potensi alam Lombok Timur tak diragukan lagi. Potensi ini mulai dari pegunungan hingga keindahan bawah laut. 

Tak heran jika potensi ini banyak menarik minat wisatawan berlibur ke daerah ini.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur telah melakukan identifikasi akan potensi wisata laut. Setidaknya BPPD telah menggandeng tiga organisasi yakni Himpunan Penyelam Indonesia (HPI), Kayangan Dive School dan Persatuan Penyelam Profesional Lombok Sumbawa (P3LS)

"Kegiatan identifikasi hari ini dipusatkan di Gili Lebur dan menurunkan 10 penyelam,’’ terang anggota BPPD Lotim, Idham Kholid, MM, Senin (12/7).

Kegiatan itu, lanjut Idham, juga sebagai bagian dari langkah mendukung 100 hari kerja yang telah dicanangkan pihaknya. 

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua HIPLA ini menerangkan, potensi wisata bawah laut di Lotim tak kalah indah dibandingkan dengan daerah lainnya. Ragam biota dan karang yang dimiliki dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Kekayaan itu, jelas dia, tak hanya berpusat di satu titik. Melainkan tersebar dari Obel-Obel hingga Ekas Buana.

Dari kegiatanaiatan itu, pihaknya menemukan setidaknya 5 titik spot yang bisa dijadikan lokasi selam. Hanya saja, dirinya tak merincikan titik yang dimaksud.

"Dari identifikasi ini kita menemukan lima titik lokasi selam. Salah satunya Tukad Kayangan, yang menjadi spot diving di Lotim," ujarnya.

Sementara Ketua BPPD Lotim, Muhammad Nursandi mengatakan, kegiatan tersebut diakuinya menjadi upaya bersama melakukan pemetaan potensi. Langkah ini disebutnya penting dilakukan, khususnya untuk wisata selam Lombok Timur. 

‘’Nantinya kita akan memiliki dokumen yang baik dan lengkap tentang potensi wisata kita,’’ ujar pria yang akrab disapa Sandi ini.

Selain itu, terangnya, pihaknya juga tengah mendata potensi lain di bidang kepariwisataan. Sebut saja seperti gunung, pantai, kuliner, hotel dan restoran, serta yang lainnya.

Data itu, kata dia, penting dikumpulkan sebagai bahan promosi berupa pembuatan paket wisata, untuk menarik pengunjung ke Lombok Timur.

Ia menjelaskan, BPPD nantinya akan bekerjasama dengan semua pihak untuk mendukung percepatan pembangunan pariwisata Lotim. 

Dalam waktu dekat, paparnya, pihaknya bersama Dinas Pariwisata Lombok Timur akan berkoordinasi dengan pelaku wisata. Tujuannya dalam rangka menyiapkan paket wisata yang akan kita kerjasamakan dengan biro perjalanan.

"Insyaallah kita lakukan ini sebelum pergelaran Superbike tahun ini. Sehingga paket wisata Lombok Timur menjadi tawaran dan pilihan wisatawan yang akan menonton superbike di  Lombok,’’ ucapnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar