Iklan

terkini

Kawasan Taman Narmada Bakal Ditata, Seperti Apa Konsepnya?

Jejak Lombok
Monday, May 24, 2021, Monday, May 24, 2021 WIB Last Updated 2021-05-27T06:49:23Z

INDAH: Inilah penampakan Taman Narmada diambil dari foto udara. 

GERUNG
-- Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) bakal melakukan penataan di kawasan Taman Narmada. Fasilitas yang akan dibangun diantaranya adalah panggung kesenian atau panggung teater dilengkapi dengan tempat oleh-oleh, tempat ibadah, serta tempat kuliner yang menjual berbagai aneka kuliner khas Narmada.

Penataan taman peninggalan sejarah Kerajaan Karang Asem Bali ini dilakukan sebagai salah satu upaya menghadirkan rasa nyaman dan puas pagi para pengunjung.

Kepala Dispar Lobar, H Saiful Ahkam mengatakan, penataan taman yang terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat ini rencananya akan menjadi pelengkap dan pendukung amenitas, akses, dan atraksi budaya yang sudah ada.

Ahkam menegaskan, rencana penataan ini sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tahun 2021. Penataan ini tidak akan merubah keaslian dari peninggalan sejarah di kawasan Taman Narmada.

Proses rencana penataan kawasan ini disebutnya sangat panjang. Dispar  Lobar harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, antaranya Bale Cagar Budaya yang memiliki wewenang atas penataannya. 

"Artinya proses yang kita lalui begitu panjang dan tidak sembarangan,” terang Ahkam saat Rapat Perencanaan Penetapan Kawasan Wisata Taman Narmada di Kantor Pengelola Taman Narmada, Senin (24/5).

Di tempat yang sama, konsultan perencana yang juga pemilik Nataloka Konsultan, Putu Eka menjelaskan, lokasi yang boleh dibangun di kawasan Taman Narmada berada di sebelah selatan. Lokasi tersebut yakni kawasan ring satu dengan luas kurang dari satu hektar.

“Kawasan ring satu tidak boleh dirubah atau ditambah, tetapi hanya boleh direstorasi oleh Bale Cagar Budaya," ucapnya.

Larangan itu karena kawasan tersebut sudah terdaftar di PBB sebagai cagar budaya. Pihaknya tidak akan menebang pohon dan merubah posisi benda-benda yang sudah ada.

Sementara itu, Kamarudin, pengelola Taman Narmada mengapresiasi komitmen pihak Dispar Lobar mengembangkan kawasan Tan tersebut. Komitmen Dispar Lobar untuk pengembangan obyek wisata di Lobar, khususnya di Taman Narmada layak diberikan apresiasi dan dukungan dari para insan pariwisata, 

“Ini merupakan peluang bagi kami untuk meningkatkan kontribusi PAD bagi daerah serta memberikan fasilitas-fasilitas yang bisa membuat para pengunjung betah," ucapnya.

Ia berharap, dengan penataan ini pengunjung banyak yang berdatangan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kawasan Taman Narmada Bakal Ditata, Seperti Apa Konsepnya?

Terkini

Iklan