DLHK Lotim Fokus Antisipasi Banjir di Dalam Kota

WAWANCARA: Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah B3 DLHK Lotim, Deddy Sutarmin saat diwawancara.

SELONG
-- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Lombok Timur tengah mengambil langkah antisipasi ancaman banjir. Antisipasi ini terutama di daerah perkotaan.

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah B3, Deddy Sutarmin mengatakan, pihaknya masih fokus mengawasi di dalam perkotaan. Ini dilakukan lantaran volume saluran di wilayah ini cukup kecil.

"Kita masih awasi di dalam kota, meski tidak ada sampah tapi salurannya lebih kecil," kata Deddy Sutarmin, saat ditemui awak media, Selasa (1/12).

Jika debit air besar, jelasnya, sempitnya saluran dapat menimbulkan genangan. Ditambah lagi saluran drainase yang tak memadai.

Kendati demikian, pihaknya juga tak menutup mata dengan yang ada di luar kota, terurama wilayah yang rawan banjir. Untuk di luar kota, pihaknya menunggu jika ada permintaan dari wilayah setempat.

Selain itu, pihaknya juga telah memberlakukan sistem piket. Baik untuk tenaga pembersihan saluran dan Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi sewaktu-waktu jika ada kejadian. Petugas piket dapat lansung dikerahkan ke lokasi terdampak.

"Saat ini masih membersihkan sedimen dan pengerukan," ujarnya. (sy)

Posting Komentar

0 Komentar