Iklan

terkini

10 Sekolah di Lobar Jadi Contoh SPAB

Jejak Lombok
Tuesday, December 1, 2020, Tuesday, December 01, 2020 WIB Last Updated 2020-12-01T08:36:36Z

PERCONTOHAN: 10 sekolah di Lombok Barat dijadikan percontohan proyek SPAB.

GERUNG
—Yayasan Plan Internasional Indonesia menjadikan 10 sekolah di Lombok Barat (Lobar) sebagai contoh penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di NTB. 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid saat membuka sosialisasi Peraturan Gubernur No. 63 tahun 2020 tentang SPAB di NTB dan Peraturan Bupati No. 24 tahun 2020 tentang Satuan Pendidikan Ramah Anak, di Hotel Jayakarta, Selasa (1/12).

Fauzan Khalid, mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kesiapan satuan pendidikan anak. Di mana Lobar merupakan daerah yang sangat rentan terhadap bencana. Baik itu gempa, angin puting beliung, longsor dan terlebih sekarang menghadapi bencana dunia yakni Covid-19.

"Menyangkut anak kita harus siap, baik itu mengenai pendidikan maupun psikologinya. Terkait psikologi kita tidak ingin anak-anak kita trauma terhadap bencana yang dialaminya dan menjadi kewajiban kita bersama agar mereka mampu mengatasi traumanya," sebutnya.

Dengan adanya sekretariat yang ada di 10 sekolah yang menjadi proyek percontohan SPAB ini, diharapkan sekolah yang lain bisa belajar dan mencontohnya.

Sementara itu, Maulina Utaminingsih selaku Project Koordinator Yayasan Plan International mengatakan, selaku yayasan yang berada di bawah UNICEF,  sosialisasi ini merupakan program terakhir Yayasan Plan di NTB dan akan berlangsung selama 4 hari. Untuk diketahui program keseluruhan Yayasan Plant dimulai usai bencana gempa Lombok tanggal 2 Oktober 2019 dan akan berakhir 30 Desember 2020 mendatang.

Dia menyebut, 10 sekolah yang menjadi proyek percontohan SPAB ini ada di Kecamatan Batu Layar, Labuapi, Gerung, Lingsar dan Gunung Sari.

Program-program yang dilaksanakan Yayasan Plan, paparnya, yaitu penyerahan paket sekolah, pelatihan fasilitator SPAB, baseline and endline. Program ini untuk mengetahui perkembangan program, pelatihan kaum muda untuk mengurangi risiko bencana dan sosialisasi peraturan gubernur dan peraturan bupati. (and)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 10 Sekolah di Lobar Jadi Contoh SPAB

Terkini

Iklan