Iklan

terkini

Bupati Lobar Tinjau Lokasi Restorasi Sungai

Jejak Lombok
Friday, August 28, 2020, Friday, August 28, 2020 WIB Last Updated 2020-08-28T12:28:43Z
RESTORASI: Pemkab Lombok Barat bersama TNI dan pihak terkait merestorasi fungsi sungai di daerah itu.

GERUNG--Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid meninjau Lokasi restorasi sungai di Kecamatan Lembar dan Sekotong, Jum'at (28/8).

Pada kesempatan itu Fauzan, berharap dengan adanya restorasi sungai akan menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk menjaga sungai.

"Alhamdulillah hari ini kita berkesempatan meninjau lokasi restorasi sungai dan ini berkat kerjasama dengan teman-teman TNI dan pemerintah daerah," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya dibantu berupa alat berat dari Balai Wilayah Sungai (BWS). Dari proses tersebut, ada dua sungai yang direstorasi tahun ini. Kedua sungai itu bertempat di Sekotong Timur Kecamatan Lembar dan Sungai Telaga Lebur Kecamatan Sekotong.

Untuk restorasi di Dusun Kambeng Kecamatan Lembar, jelasnya, ada sekitar 2 Km lebih yang direstorasi. Sepanjang 2 Km itu, sedikitnya ada 3 titik dipasangkan bronjong.

Sementara di Dusun Telaga Lebur Kecamatan Sekotong panjangnya 1,4 Km. Terdapat 5 titik yang dipasangkan bronjong di sungai tersebut.

Fauzan mengatakan, restorasi sungai ini dilakukan selama 2 bulan. Proses restorasi  berakhir tanggal 14 September 2020.

"Insyaallah dengan adanya restorasi sungai yang kita lakukan ini, tidak akan banjir lagi," aku bupati.

Dengan adanya restorasi sungai di dua kecamatan tersebut, diharapkan warga peduli dan menjaga kebersihan sungai. Salah satunya dengan membentuk Kelompok Masyarakat Peduli Sungai (KMPS).

"Kami berharap ada tindak lanjut dari masyarakat. Kami sudah memfasilitasi dengan  melakukan restorasi sungai. Kami minta terutama kepada kades untuk bisa memfasilitasi terbentuknya KMPS demi menjaga kebersihan sungai," kata mantan Ketua KPU NTB ini.

Sementara itu Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm. Gunawan mengatakan, terkait tindak lanjut restorasi sungai di Kabupaten Lombok Barat akan menunggu koordinasi dari pemerintah daerah perihal titik sungai yang perlu direstorasi.

"Kalau restorasi sungai di kecamatan lain, kami masih menunggu informasi dari pemda. Karena pemda yang lebih tahu lokasi mana yang akan direstorasi," katanya. (jl)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Lobar Tinjau Lokasi Restorasi Sungai

Terkini

Iklan